Sunday, December 4, 2011

Di Tahan Hanya Karena Menggunakan Toilet

Karena nekat menggunakan toilet yang disiapkan untuk Presiden Robert Mugabe, seorang polisi Zimbabwe mendekam di penjara selama 10 hari.


Alois Mabhunu, penyelidik kasus pembunuhan, menjalani sidang internal pekan lalu setelah menggunakan toilet Mugabe pada pameran perdagangan yang digelar di Harare. Dia divonis 10 hari penjara.
Seorang kerabat Mabhunu, Senin (6/6/2011), menyatakan bahwa polisi itu tidak diwakili pengacara pada sidang pembacaan perkara. Dia berharap kepala kepolisian Zimbabwe, Augustine Chihuri, membatalkan putusan tersebut.
Dia mendengar kabar Chihuri akan mempelajari kasus itu dan menghadiri sidang banding yang akan dilangsungkan Kamis (9/6/2011) atau Jumat (10/6/2011) pekan ini.
Selain dihukum penjara 10 hari, pangkat Mabhunu diturunkan dan tidak boleh mengenakan pakaian biasa (sipil) saat bertugas sebagai penyelidik.
Juru bicara kepolisian Wayne Bvudzijena mengatakan, kasus Mabhunu merupakan kasus internal dan hanya masalah kedisiplinan polisi. Dikatakannya, Mabhunu gagal mematuhi instruksi dan hukum harus dijalankan.
Mabhunu merupakan bagian dari tim pengamanan ketika Mugabe menghadiri Pameran Perdagangan Internasional Zimbabwe bulan lalu. Dia dituduh menggunakan toilet VIP yang disiapkan untuk Mugabe dan Jean Louis Ekra, Kepala Bank Ekspor Impor Afrika.
Beberapa polisi yang berjaga di sekitar toilet sempat mencegatnya dan dia menurut. Mungkin karena sudah tidak bisa menahan hajat, dia akhirnya memaksa masuk. Mabhunu ditahan sehari kemudian sejak itu dia menjalani tahanan.
Sumber :

http://internasional.kompas.com/read/2011/06/07/14022962/Gunakan.Toilet.Presiden.Polisi.Ditahan

No comments:

Post a Comment