Friday, December 30, 2011

Wow..!! Ada 4 Spesies Hiu Baru

Para peneliti dari California Academy of Sciences, tahun ini menemukan 4 jenis hiu baru. Penemuan tersebut diumumkan oleh institusi terkait baru-baru ini.

Diantara 4 jenis hiu baru, hiu gergaji mini dari Afrika (Pristiphorus nancyae) secara tidak sengaja tertangkap jaring pada kedalaman samudra 490 meter, di Mozambik. Menurut David Elbert, peneliti dari akademi tersebut, hewan laut ini merupakan bagian dari 7 spesies hiu gergaji yang berhasil diketahui.

Predator tersebut memiliki gigi yang bertabur di spanjang moncongnya, dan digunakan seperti pedang menenerobos segerombolan ikan. Setelahnya menerobos kumpulan ikan yang diincarnya, hiu ini akan kembali untuk memakan korban yang terluka oleh serangannya.

Ebert mengatakan, seiring dengan penemuan hiu gergaji itu, ditemukan juga spesies baru hiu bidadari (Squatina caillieti), pada kedalaman 370 meter, di perairan Pulau Luzon, di Filipina.

Diwartakan National Geographic, Sabtu (31/12/2011), hiu bidadario yang merupakan penghuni dasar laut memiliki sirip dada besar dan menyerupai sayap. Mereka biasanya mengubur dirinya di lumpur, dan menyergap mangsa yang melintas di dekatnya.

Kemudian, yang lainnya adalah dua spesies hiu lentera dari genus Etmopterus, yang ditemukan di Taiwan dan Afrika Selatan


Sumber
http://techno.okezone.com/read/2011/12/30/56/549546/peneliti-temukan-4-spesies-hiu-baru

No comments:

Post a Comment