Friday, December 30, 2011

Robot Reog Karya Siswa SMP Surabaya Mampu Menaklukan Dunia

Luar biasa, Rizky Elzandi Barik, bocah SMPN 1 Surabaya ini. Bocah kelas sembilan (tiga) SMP RSBI ini mampu menciptakan robot penari reog ponorogo. dengan hasil ciptaanya ini, Rizky mampu menaklukkan dunia.Siswa ini juara III dalam adu kreativitas penciptaan robot yang diikuti oleh 13 negara. Di antaranya, tuan rumah Indonesia, Korea, China, Amerika, Singapura, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Selandia Baru, dan beberapa negaraainnya.
Rizky berhasil meraih juara III dalam Indonesiana International Robot Olympiad (IRO) 2011. Di ajang yang sudah digelar untuk ketiga belas kalinya itu, bocah SMP itu berhak atas medali perunggu atau Bronze Medal. "Saya senang juara internasional," ujar Rizky, saat ditemui di sekolah, Rabu (21/12/2011).
Bocah SMP yang sebelumnya juara I atau medali emas Kompetisi robot nasional itu juara tiga dalam kategori Indonesiana. Nomor ini ada karena kompetisi robot internasional itu digelar di Indonesia. Memang robot reog kalah dengan robot ondel-ondel dan wayang.
"Saya ambil budaya asli Indonesia karena pernah diklaim Malaysia. Saya beli kostum dan topeng reog yang ada meraknya itu langsung ke Ponorogo," kata Rizky.
Dia mengalahkan ratusan peserta lain di lomba robot kategori pelajar dan umum itu. Meski kategori Indonesiana, ada beberapa negara yang ambil bagian di nomor ini. Selama tiga menit tampil di hadapan juri.
Robot Reog Ponorogo itu mampu tampil persis penari Reog Ponorogo. Begitu musik reog dibunyikan dengan suara khas terompetnya, robot ini bisa menari dengan topeng dan meraknya meliuk-liuk. Robot ini menari mengikuti musik reog.

Sumber
http://www.tribunnews.com/2011/12/21/robot-reog-karya-siswa-smpn-1-surabaya-taklukkan-dunia

No comments:

Post a Comment