Sunday, December 4, 2011

Mahasiswa Indonesia Berhasil Ciptakan Alarm Banjir Lahar Dingin Yang Canggih

Selain bertukar kabar, short message service (SMS) juga bisa menjadi alarm bahaya banjir lahar dingin. Gimana caranya? mau tau? ..........

Hal ini mungkin dilakukan melalui penemuan terbaru dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Salah satu mahasiswanya, Estu Jati Pratitis, menciptakan alat pendeteksi banjir lahar dingin. Sinyal bahaya dikirimkan melalui SMS.

Selama delapan bulan, Estu mengutak-atik peralatan sederhana yang dapat mendeteksi getaran atau tumbukan sebagai sinyal awal akan datangnya banjir lahar dingin.

Alat buatan Estu mendeteksi getaran pada besaran frekuensi hertz (Hz) dan Analog to Digital Converter (ADC). Estu menjelaskan, frekuensi menjadi parameter utama sebagai acuan besarnya getaran dibandingkan ADC.

"Kemudian, faktor yang mempengaruhi besar kecilnya frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik yang diterima sensor," kata Estu seperti dikutip dari laman UMY, Senin (5/12/2011).

Rangkaian alat pendeteksi banjir lahar dingin ini terdiri dari sensor speaker, rangkaian controller, dan rangkaian pengirim SMS. Cara kerja alat ini dimulai dengan pendeteksian getaran yang timbul dari material vulkanik oleh sensor speaker. Ketika terdeteksi, akan muncul sinyal yang disebut sinyal pengkondisi.

Sinyal ini kemudian ditangkap oleh rangkaian controller untuk dihitung nilai Frekuensi (Hz) dan ADC yang dihasilkan.

"Jika hasil frekuensi dan ADC melewati ambang batas >1.000 Hz maka akan langsung masuk pada rangkaian modul pengirim SMS, dan pesan tentang bahaya banjir lahar dingin akan segera terkirim ke telepon seluler penerima SMS tersebut,� imbuh Estu.

Alat tersebut juga berfungsi sebagai perangkat early warning system (EWS) untuk bencana bajir lahar dingin. Estu dan kedua dosen pembimbingnya, Ir. Agus Jamal, M.Eng. dan Iswanto, S.T., M.Eng, pun telah melakukan uji coba laboratorium melalui pengujian nilai frekuensi, nilai ADC, dan modul pengiriman SMS.

Dia berharap, alat buatannya itu dapat membantu masyarakat di kawasan rawan bencana lebih siaga dan sigap ketika bencana lahar dingin datang.

Sumber :
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/04/373/537744/sms-jadi-alarm-banjir-lahar-dingin

No comments:

Post a Comment