Tuesday, December 6, 2011

Kisah Haru Tahanan Wanita Saat Menjelang Ajal


Seorang potogrofer berhasil mengabadikan para narapidana wanita di penjara China .Bagaimana kegiatan mereka pada jam-jam terakhir menjelang eksekusi kematiannya. dan foto-fotonya beredar luas setelah pertama kali disiarkan Phonix TV akhir pekan lalu.


 

Para narapidana wanita ini menghitung jam sebelum dieksekusi mati dengan cara ditembak di belakang kepala. Mereka menghadapinya dengan berbesar hati dan senyum lebar.


Seorang wanita muda duduk bersila di tanah tertawa bercanda saat ia makan sebuah leci. Wanita lain memainkan kartu dengan piama merah muda longgar.itulah Gambaran sehari-hari mereka yang terjadi di penjara wanita.padahal mereka yang sedang tertawa ini akan menghadapi hukuman mati dalam beberapa jam.

Foto-foto yang sebelumnya tak terlihat telah muncul untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade - dan memberikan pemandangan sangat langka ke saat -saat terakhir para tahanan China pada hukuman mati.

Pejabat Komunis terkenal dijaga tentang hukuman mati, di negara yang melakukan eksekusi lebih banyak dari negara yang lain. Bagaimana foto-foto itu bisa muncul? Seorang fotografer yang tidak disebutkan namanya diizinkan masuk Pusat Penahanan No 1 untuk wanita di kota industri Wuhan, di China Tengah. Pria itu mengambil serangkaian gambar pada tanggal 24 Juni 2003.


Foto-foto seperti tiu sangat sensitif di China, otoritas kemananan di negara itu melarang foto-foto seperti itu dipublikasikan. Pemerintah takut mereka akan membangkitkan simpati untuk para tahanan perempuan.

Sampai sekarang para tahanan itu tetap tak terlihat. Namun, pekan lalu foto -foto itu diterbitkan untuk pertama kalinya pada Phoenix TV oleh seorang penyiar di Hong Kong.



Fotografer diberikan akses ke terpidana mati bernama Ma Qingxiu, Li Juhua, Dai Donggui dan Dia Xiuling dari 09:00 sampai 07:21 keesokan harinya. Para wanita semua telah dihukum mati. Mereka terlibat perdagangan narkoba.





seorang wanita yang bernama  Donggui berhati-hati melipat pakaian merah di lantai penjara. Dia tersenyum sambil menampilkan pakaiannya yang berwarna merah kepada fotografer. Ia memilih pakaian terakhirnya yang akan dikenakan.Di sebelahnya terdapat semangkuk sup kacang dan kotak makanan cepat saji McDonald�s. Tak lama, sipir datang dan menyuapinya leci. Donggui juga sempat memakai pemoles kuku berwarna merah.


Dalam adegan lain, tahanan wanita lainnya bernama Juhua duduk di selnya bersama terpidana lainnya. Hanya meter dari Juhua, tampak Xiuling dan Qingxiu tertawa saat mereka bermain kartu dengan narapidana. Kameramen itu masih mengingat bahwa Xiuling sangat bersemangat pada malam hari.



        



Tahanan berusia 25 tahun dan berbadan gemuk, tertangkap membawa 7.000 gram obat-obatan terlarang, terlihat merebahkan kepalanya dengan lembut di kaki wanita lain sambil tersenyum. Sepanjang malam dia gelisah, dan mulai berkhayal tentang surga


Pada pukul 6:00, seorang narapidana wanita yang bernama Qingxiu, 49, yang menyeka air mata dari matanya menjelang menit-menit terakhir kematiannya.Saat tiba eksekusi, wanita termuda dari sesama rekan hukuman matinya itu satu-satunya yang menangis sebelum kepalanya ditembak. Beberapa menit kemudian, empat tembakan terdengar dan senyuman hilang dari keempat bibir wanita tersebut.


Sumber :
http://inforingankita.blogspot.com/2011/12/tahanan-china-mau-di-hukum-mati-malah.html

http://forum.vivanews.com/internasional/243909-beginilah-para-wanita-china-menjelang-dieksekusi-mati.html

No comments:

Post a Comment