Tuesday, February 14, 2012

Berdasar Survei, Indonesia Menjadi Negara Paling Bahagia Di Dunia

Jajak pendapat yang dilakukan perusahaan riset global, Ipsos, menunjukkan warga Indonesia memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi di dunia diikuti India dan Meksiko. Indonesia duduk di peringkat paling atas mengalahkan 24 negara lainnya dengan persentase sebesar 51 persen warganya menyatakan bahagia. 

Hal ini diwartakan laman ipsos-na.com, Kamis, 9 Februari 2012. Jajak pendapat dilakukan terhadap 18.687 peserta dari 1-15 November 2011. Berbagai belahan negara dunia diikutsertakan dalam survei ini, seperti indonesia, India, Meksiko, Brasil, Amerika Serikat, Australia, Jerman, Cina, Afrika Selatan, Arab, Korea Selatan, dan lain-lain. Mereka umumnya ditanyai indikator yang sama: apakah merasa bahagia dengan kehidupannya?


Dengan dirilisnya jajak pendapat ini dapat dilihat indikator perekonomian suatu negara bukanlah hal utama penentu kebahagiaan. Amerika Serikat dan Inggris sebagai negara ekonomi maju berada di peringkat tujuh serta 10 dalam jajak pendapat Ipsos.

Namun bila masuk dalam kategori perbandingan pada 2007 dan 2011, Indonesia mengalami penurunan kategori "bahagia". Indonesia mengalami pengurangan 7 poin tingkat kebahagiaan bila dibanding jajak pendapat yang dilakukan pada 2007. 

Sementara negara-negara lainnya seperti Argentina, Australia, Meksiko, Jepang mengalami angka pertambahan "bahagia" masing-masing sebesar 4,7, 6, dan 10 poin.

Ipsos adalah perusahaan global yang melakukan riset pasar dan dikelola oleh para peneliti profesional. Ipsos membantu menafsirkan, mensimulasikan, dan mengantisipasi kebutuhan dan tanggapan dari konsumen, pelanggan, dan warga negara di seluruh dunia. Mereka mengukur opini publik seluruh dunia. Perusahaan ini didirikan pada 1975. Pada 2010, Ipsos menghasilkan pendapatan global US$ 1,6 miliar.


Sumber
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/13/121383624/Survei-Warga-Indonesia-Paling-Bahagia-di-Dunia

No comments:

Post a Comment